[CLOSE]
  • Jumat, 23 Apr 2021
  •  

Cari Tahu, RI Respons PBB soal Mandalika hingga Junta Myanmar Buru Artis

Cari Tahu, RI Respons PBB soal Mandalika hingga Junta Myanmar Buru Artis

Cari Tahu, RI Respons PBB soal Mandalika hingga Junta Myanmar Buru Artis (Cnn)

UmiCache.com - Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Senin (5/4). Mulai dari Indonesia respons PBB soal dugaan pelanggaran HAM proyek Mandalika hingga junta militer Myanmar buru puluhan artis hingga selebgram.

1. Indonesia Respons PBB soal Pelanggaran HAM Proyek Mandalika

Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa merespons pernyataan Pelapor Khusus PBB mengenai kemungkinan adanya pelanggaran HAM dalam proyek Mandalika di Lombok.

"Pemerintah Republik Indonesia menolak rilis berita oleh beberapa Pemegang Mandat Prosedur Khusus, berjudul "Indonesia: UN experts flag rights concern over $ 3bln project tourism" pada 31 Maret 2021," tulis pernyataan resmi PTRI yang diterima Senin (5/4).

PTRI menilai pernyataan ahli PBB itu salah mengartikan kasus sengketa hukum terkait dengan penjualan tanah, dan memasukkannya ke dalam narasi palsu dan hiperbolik.

Menurut PTRI, sejak dimulainya Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), sebagai pendukung aktif, Indonesia selalu menggarisbawahi bahwa SDGs hanya dapat dicapai dengan memajukan pilar pertumbuhan ekonomi, sosial pembangunan, dan perlindungan lingkungan, secara seimbang.

2. Khawatir Kudeta, Turki Tangkap 10 Pensiunan Jenderal

Turki menangkap 10 pensiunan jenderal atau laksamana Angkatan Laut setelah mengeluarkan surat kritikan terhadap pemerintah.

Sebanyak 104 menandatangani surat, memperingatkan kemungkinan ancaman terhadap perjanjian mengenai penggunaan jalur air utama Turki.

Surat itu menyatakan kekhawatirannya terkait Turki yang akan meninggalkan perjanjian Montreux yang disebut sebagai perjanjian paling melindungi Turki.

Pejabat Turki marah menanggapi surat itu. Pihaknya khawatir itu merupakan seruan untuk kudeta.

3. Junta Militer Myanmar Buru Puluhan Artis hingga Selebgram

Junta  militer Myanmar mengeluarkan surat perintah penangkapan 60 selebriti atas tuduhan menghasut para PNS untuk ikut gerakan pembangkangan sipil.

Menurut Asia Nikkei, surat perintah itu dilaporkan di media televisi milik militer Myanmar, Jumat (2/4).

Para selebriti itu termasuk penyanyi, aktor, influencer, aktivis media sosial, model dan bintang hip-hop.

Salah satu terdakwa, blogger Thurein Hlaing Win, mengatakan kepada Reuters bahwa dia terkejut dicap sebagai penjahat dan kini ia bersembunyi.

"Jika saya dihukum karena itu, hati nurani saya bersih. Semua orang tahu yang sebenarnya," katanya melalui telepon, dikutip dari Reuters. (dea)



Total dibaca: 13x | Berikan Komentar!


Meira Permata Sari
Penulis : Meira Permata Sari
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (1)
Riko Satria
06 Apr 2021, 07:00 WIB

nice info gan!

* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *
Video Populer

Hosting Unlimited Indonesia