[CLOSE]
  • Rabu, 16 Jun 2021
  •  

Tidak Disangka, BI Gandeng Dewan Masjid Tambah Kotak Amal QR Code

Tidak Disangka, BI Gandeng Dewan Masjid Tambah Kotak Amal QR Code

Tidak Disangka, BI Gandeng Dewan Masjid Tambah Kotak Amal QR Code (Cnn)

UmiCache.com - Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Fitria Irmi Triswati mengaku telah berkoordinasi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk menambah jumlah kotak amal dengan QR Code.

Menurutnya, penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) di masjid akan memudahkan para jamaah memberikan uang amal bahkan dalam jumlah yang lebih besar.

"Kami sudah lakukan penjajakan dengan DMI untuk menggunakan QRIS. Bukan hanya (ditaruh) di akrilik tapi juga di baliho masjid. Bisa dipajang sehingga para donatur dapat amal, even dari rumah, dengan jumlah yang tentunya lebih besar dari yang mereka bawa ke masjid," ujarnya dalam diskusi yang digelar BI, Jumat (26/3).

Fitria mengatakan tahun ini BI menargetkan merchant pengguna QRIS tembus 12 juta atau naik dua kali lipat dari posisi saat ini yang sebesar 6,5 juta. Masjid sebagai pusat pengelolaan dana amal jamaah diharapkan dapat ikut berkontribusi mengingat jumlahnya yang cukup banyak di Indonesia.

Pada 2020 penggunaan QRIS untuk kegiatan donasi/sosial, yang di dalamnya termasuk kotak amal masjid, sendiri hingga 15 ribu. Jika target penggunaan QRIS naik dua kali lipat, artinya jumlahnya harus bertambah menjadi 30 ribu QRIS.

"Jadi masjid adalah salah satu komunitas yang harus dicari pendekatan strategisnya," imbuhnya.

Karena itu, lanjut Fitria, BI terus mengembangkan QRIS, salah satunya dengan metode Customer Presented Mode (CPM). Saat ini jenis pembayaran QRIS baru dapat menggunakan metode Merchant Presented Mode (MPM) yakni dengan memindai kode QR milik merchant baik statis juga dinamis, sesuai apa yang dihasilkan mesin Electronic Data Captured (EDC).

Sementara dengan QRIS CPM, nantinya pelanggan hanya perlu menunjukkan QRIS yang ditampilkan dari aplikasi pembayaran digitalnya untuk discan oleh merchant.

"Target untuk kami dapat luncurkan April," tuturnya.

Setelah CPM diluncurkan, QRIS rencananya juga akan dilengkapi dengan fitur-fitur baru sesuai transfer uang elektronik antar dompet digital.

"Ada fitur TTS. Transfer, tarik, setor. Itu sedang dipilotkan pada April ini dan tahun ini akan kami luncurkan," jelasnya.

(hrf/age)



Total dibaca: 25x | Berikan Komentar!


Bram Dika Admaja
Penulis : Bram Dika Admaja
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *
Hosting Unlimited Indonesia