[CLOSE]
  • Jumat, 23 Apr 2021
  •  

Lagi Viral, AS Akan Tarik Mundur Semua Pasukannya dari Afghanistan dalam 14 Bulan

Lagi Viral, AS Akan Tarik Mundur Semua Pasukannya dari Afghanistan dalam 14 Bulan

Lagi Viral, AS Akan Tarik Mundur Semua Pasukannya dari Afghanistan dalam 14 Bulan (Kompas)

UmiCache.com - Sabtu (29/2/2020) Amerika Serikat (AS) telah menyetujui untuk menarik semua pasukannya dari Afghanistan dalam 14 bulan.

Pernyataan tersebut terangkum dalam perjanjian yang sudah disepakati antara AS dengan kelompok pemberontak Taliban.

Dilansir dari kantor berita AFP, sebelum kesepakatan ini terjalin, Taliban telah memerintahkan adanya gencatan senjata di Afghanistan.

Selama periode gencatan jelang perjanjian yang berlangsung sejak pekan lalu, dilaporkan hanya serangan terisolasi yang terjadi.

Perjanjian ini akan membuat ribuan tentara AS keluar dari Afghanistan setelah lebih dari 18 tahun.

AS menyetujui syarat yang diajukan, sebagai ganti dari komitme keamanan dari Taliban, termasuk ke depannya menggelar pembicaraan dengan pemerintah Afghanistan.

"Karena kesepakatan itu ditandatangani hari ini, dan rakyat kami senang dan merayakannya, kami telah menghentikan semua operasi militer kami di seluruh negeri," kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, kepada AFP.

Perintah ini menandai gencatan senjata kedua selama perang Afghanistan. Gencatan senjata pertama terjadi di tahun 2018 selama tiga hari di tengah perayaan Idul Fitri.

Penasihat Keamanan Nasional Afghanistan, Hamdullah Mohib, mengatakan dia sangat optimis tentang kesepakatan gencatan senjata parsial satu minggu ini, yang dijuluki periode "pengurangan kekerasan".

"Kami telah hingga tahap yang memberi kami harapan," kata Mohib.

"Taliban mampu mengurangi kekerasan. Tetapi mereka masih harus diuji agar tidak melanjutkan kekerasan. Itu juga menunjukkan bahwa Taliban menginginkan perdamaian."

Di penandatanganan perjanjian nanti di Qatar, para petinggi Afghanistan akan absen, tetapi perwakilan pemerintah akan datang untuk menjalani "kontak awal" dengan Taliban.

Sementara itu pemberontak menekankan bahwa gencatan senjata ini tidak sepenuhnya.

Jumlah serangan Taliban memang menurun drastis selama seminggu, tapi serangan masih terjadi di area pedesaan yang dapat kembali memanaskan suasana.



Total dibaca: 11x | Berikan Komentar!


Ayuk Kamila
Penulis : Ayuk Kamila
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (1)
Bram Dika Admaja
04 Apr 2021, 16:00 WIB

anjirrr kaget dah!

* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *
Hosting Unlimited Indonesia