[CLOSE]
  • Rabu, 16 Jun 2021
  •  

Sedang Viral, China Respons Malaysia hingga Junta Myanmar Pindahkan Suu Kyi

Sedang Viral, China Respons Malaysia hingga Junta Myanmar Pindahkan Suu Kyi

Sedang Viral, China Respons Malaysia hingga Junta Myanmar Pindahkan Suu Kyi (Cnn)

UmiCache.com - Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Rabu (2/6). Mulai dari China respons pencegatan pesawat militer oleh Malaysia hingga junta Myanmar diduga pindahkan Aung San Suu Kyi ke tempat rahasia.

1. China Respons Pencegatan Pesawat Militer oleh Malaysia

Kedutaan Besar China di Kuala Lumpur buka suara terkait insiden pencegatan 16 pesawat militer Tiongkok yang hendak memasuki wilayah udara Malaysia.Pesawat-pesawat itu terdeteksi menjalani aktivitas mencurigakan di Laut China Selatan.

Seorang juru bicara kedutaan besar China di Malaysia menegaskan bahwa pesawat militer mereka tidak memasuki wilayah udara teritorial negara mana pun. Dia mengatakan belasan pesawat itu tengah menjalani latihan terbang.

Dia meyakini pesawat-pesawat China itu tidak melanggar hukum internasional.

2. Israel Ledakkan Pos Keamanan Suriah di Golan hingga Hancur

Militer Israel mengatakan telah menghancurkan pos pengamatan Suriah di Dataran Tinggi Golan pada Selasa (1/6).

Serangan itu merupakan yang ketiga kalinya terjadi dalam setahun terakhir di Dataran Tinggi Golan, wilayah Suriah yang diduduki Israel. Dataran Tinggi Golan merupakan zona militer strategis yang dicaplok Israel dari Suriah selama Perang Enam Hari 1967.

"Tentara telah menghancurkan pos pengamatan militer Suriah yang didirikan di wilayah Israel di sebelah barat garis Alfa di Dataran Tinggi Golan," tulis juru bicara militer Israel, Avichay Adraee, di Twitter.

Garis Alfa merupakan zona penyangga yang diawasi pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membatasi wilayah Suriah dan Israel di Dataran Tinggi Golan.

3. Junta Myanmar Diduga Pindahkan Suu Kyi ke Tempat Rahasia

Junta militer Myanmar dilaporkan memindahkan lokasi penahanan pemimpin de facto yang digulingkan, Aung San Suu Kyi, dan Presiden Win Myint, ke tempat yang tidak diketahui.

Suu Kyi dan Myint masih menjadi tahanan junta militer sejak kudeta berlangsung 1 Februari lalu.

"Kami telah mendengar dari sumber yang dapat dipercaya bahwa Presiden Win Myint dan Penasihat Negara Aung San Suu Kyi telah dipindahkan ke lokasi yang tidak diketahui," kata kabinet tandingan junta militer, Pemerintah Persatuan Nasional Myanmar (NUG), melalui pernyataan pada awal pekan ini.

NUG melabeli rezim junta militer sebagai "Dewan Militer Teroris". NUG mendesak junta Myanmar bertanggung jawab atas kudeta berdarah yang hingga kini telah menewaskan lebih dari 800 orang akibat bentrokan antara aparat dengan warga penentang rezim militer. (dea)



Total dibaca: 10x | Berikan Komentar!


Redo Prakoso
Penulis : Redo Prakoso
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *
Hosting Unlimited Indonesia