[CLOSE]
  • Rabu, 12 May 2021
  •  

Update Terbaru, Menilik Kekuatan Militer Myanmar, Penggempur Penentang Kudeta

Update Terbaru, Menilik Kekuatan Militer Myanmar, Penggempur Penentang Kudeta

Update Terbaru, Menilik Kekuatan Militer Myanmar, Penggempur Penentang Kudeta (Cnn)

UmiCache.com - Angkatan bersenjata Myanmar alias Tatmadaw terus menggempur berbagai pihak yang menentang kudeta, termasuk milisi-milisi etnis di perbatasan.

Dalam beberapa hari belakangan, Tatmadaw dilaporkan terus melancarkan serangan udara ke sejumlah kawasan tempat beberapa milisi etnis bersarang.

Aksi saling serang ini dianggap menambah parah pergolakan di Myanmar sejak junta militer mengambil alih kekuasaan pemerintah sipil negara Asia Tenggara itu secara ilegal melalui kudeta pada 1 Februari lalu.

Kudeta ini bukan yang pertama kali dilakukan Tatmadaw. Sebelum 2021, militer Myanmar juga pernah menjalani kudeta pada 1962 dan 1988.

Meski Myanmar sempat dipimpin pemerintah sipil, pengaruh Tatmadaw dalam pemerintahan dan politik negara tersebut tidak pernah padam, bahkan sangat besar.

Berikut ulasan kekuatan militer Myanmar dari segi pertahanan. Berdasarkan data Global Fire Power, kekuatan militer Myanmar berada di peringkat 38 dari total 140 negara.

Dari total 56,59 juta populasi, Myanmar memiliki sekitar 405 ribu personel militer aktif dan 110 ribu pasukan paramiliter. Meski begitu, Myanmar merupakan salah satu negara yang tak memiliki pasukan cadangan.

Dari segi pertahanan udara, Tatmadaw memiliki total 287 pesawat militer. Sebanyak 60 pesawat di antaranya merupakan jet tempur, lima pesawat misi khusus, 86 helikopter, dan 9 helikopter serang.

Dari segi pertahanan darat, angkatan bersenjata Myanmar memiliki total 595 tank, 1.700 kendaraan lapis baja, 40 artileri otomatis, 1.869 artileri manual, dan 496 proyektor roket.

Sementara itu, dari segi pertahanan laut, Myanmar memiliki total 187 aset, yaitu lima kapal fregat, tiga kapal korvet, satu kapal selam, 79 kapal patroli, dan dua kapal perang ranjau. (rds/has)

Tulisan ini merupakan bagian dari kumpulan artikel dalam Fokus: “Gelombang Demo Antikudeta Myanmar”



Total dibaca: 14x | Berikan Komentar!


Susi Azizah
Penulis : Susi Azizah
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *
Hosting Unlimited Indonesia