[CLOSE]
  • Jumat, 23 Apr 2021
  •  

Parah! Dubes Roem Kono Kunjungan Perdana ke Masjid Istiqlal Sarajevo

Parah! Dubes Roem Kono Kunjungan Perdana ke Masjid Istiqlal Sarajevo

Parah! Dubes Roem Kono Kunjungan Perdana ke Masjid Istiqlal Sarajevo (Tribun)

UmiCache.com - Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasanudin Aco

TRIBUNNEWS.COM, SARAJEVO - Duta Besar Republik Indonesia untuk Bosnia Herzegovina, Roem Kono memfasilitasi pertemuan virtual antara Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. KH Nasaruddin Umar dengan Imam Masjid Istiqlal Sarajevo, Ahmad Skopljak, pada Sabtu (20/3/2021).

Langkah ini merupakan salah satu upaya Dubes Roem Kono untuk  mendorong peningkatan kerjasama antara kedua masjid menjelang peringatan peresmian Masjid Istiqlal Sarajevo yang ke-20 pada 22 September  2021 yang akan datang.

Roem mengatakan dalam pertemuan secara virtual ini, kedua Imam Masjid Istiqlal saling bertukar pandangan dan sepakat bahwa keberadaaan  masjid harus membekali manfaat dalam pengembangan umat dan lingkungan sekitar. 

Tidak hanya sebagai rumah ibadah, masjid juga hadir menjadi pusat pendidikan dan pelatihan ketrampilan untuk generasi muda, pengembangan perekonomian masyarakat setempat serta balai pertemuan musyawarah pengambilan keputusan  dan  kebijakan yang menyangkut harkat umat.

"Hubungan kedua Masjid Istiqlal selanjutnya juga diharapkan dapat dilakukan dalam bentuk saling kunjung antara Imam dan pengurus," kata Roem dalam rilis yang diterima Sabtu (27/3/2021).

Dubes Roem Kono mengatakan Masjid Istiqlal Sarajevo merupakan jejak persaudaraan antara umat muslim Indonesia dengan Bosnia dan Herzewgovina yang berdiri dengan megah di Tanah benua Eropa. 

Masjid besar yang berdiri di Sarajevo ini, tidak hanya menjadi monumen atas hubungan kedua negara yang erat, akan tetapi juga menjadi simbol kontribusi umat Muslim Indonesia terhadap penciptaan perdamaian dan ketertiban sebagai bagian dari Rahmatan Lil Alamin untuk umat manusia di dunia.    

Dia pun berharap dalam perayaan  20 Tahun peresmian masjid Istiqlal Sarajevo yang akan diperingati pada 22 September 2021 nanti, terdapat program yang dapat dilaksanakan  oleh kedua pengurus masjid untuk memperluas hubungan dan interaksi masyarakat  madani antara Indonesia dengan Bosnia dan Herzegovina, yang selanjutnya dapat meningkatkan hubungan people to people dan kelompok-kelompok  di tataran akar rumput di kemudian hari. 

"Semoga kerjasama kedua masjid ini dapat menjadi jembatan peradaban masyarakat Islam Timur dan Barat," tambah dia.

Imam Masjid Istiqlal Sarajevo Ahmed Skopljak menyampaikan pesan Mufti Bosnia dan Herzegovina yang berkeinginan agar Imam Nasaruddin Umar untuk dapat berkunjung ke Bosnia dan Herzegovina, meninjau sekaligus memberikan khutbah kepada jemaah Masjid Istiqlal Sarajevo sebagai rangkaian Perayaan Peringatan 20 Tahun Peresmian Masjid Istiqlol Sarajevo, pada September 2021 mendatang.

Imam Masjid Besar Istiqlal Jakarta berharap Masjid Istiqlal di Sarajevo ini dapat menjadi pelopor peradaban masyarakat Islam di Eropa. 

"Mudah-mudahan kedua masjid ini dapat menjadi jembatan peradaban masyarakat Islam di Timur dan Barat," kata Nasaruddin.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Roem Kono berkesempatan menjalani tur singkat ke seluruh wilayah gedung masjid untuk lebih mengenal dan melihat secara langsung infrastruktur masjid yang dana pembangunannya merupakan hibah dari Umat Muslim Indonesia kepada masyarakat muslim Bosnia dan Herzegovina sebagai bentuk kontribusi terhadap  infrastruktur  pasca perang yang melanda Bosnia dan  Herzegovina pada tahun 1992 hingga 1995. 

Dalam kunjungan perdana ini, Roem Kono juga menjalani penyerahan donasi berupa masker disposable non medis sebanyak 1.000 helai kepada pengurus masjid agar dapat dimanfaatkan oleh jemaah masjid. 

Dalam pembicaraannya denghan Imam Ahmed Skopljak, Roem Kono menyampaikan keinginannya agar peserta yang mengikuti aktivits pendidikan di masjid dapat berminat meneruskan  pendidikan di Indonesia. 

Dijelaskan Room, saat ini, terdapat dua program beasiswa yang ditwarkan yakni Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) 2021 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan beasiswa UNISNU Zakat Undergraduate Scholarship (UZUS) 2021 dari Universitas Islam Nadhatul Ulama Jepara.



Total dibaca: 8x | Berikan Komentar!


Bambang Pamungkas
Penulis : Bambang Pamungkas
Tech Enthusiast

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *
Hosting Unlimited Indonesia