[CLOSE]
  • Rabu, 16 Jun 2021
  •  

Update, Sempat Blokir Jalur Terusan Suez, Kapal Ever Given Disita Mesir hingga Kompensasi Diselesaikan

Update, Sempat Blokir Jalur Terusan Suez, Kapal Ever Given Disita Mesir hingga Kompensasi Diselesaikan

Update, Sempat Blokir Jalur Terusan Suez, Kapal Ever Given Disita Mesir hingga Kompensasi Diselesaikan (Tribun)

UmiCache.com - Pihak berwenang di Mesir menyita kapal kontainer raksasa Ever Given yang beberapa waktu lalu sempat memblokir jalur Terusan Suez hampir sepekan.

Oleh karenanya, Mesir pun harus menghadapi perselisihan keuangan dengan owner Ever Given.

Pada Selasa (13/4/2021), Kepala Otoritas Terusan Suez (SCA) Letnan Jenderal Osama Rabie mengatakan bahwa Ever Given tidak akan diizinkan meninggalkan negara itu sampai jumlah kompensasi diselesaikan dengan owner kapal Jepang, Shoei Kisen Kaisha Ltd.

"Kapal itu sekarang secara resmi disita," katanya kepada televisi pemerintah Mesir pada Senin malam, yang dilansir Tribunnews dari Al Jazeera.

"Mereka (Shoei Kisen Kaisha Ltd) tidak mau membayar apapun," imbuhnya.

Lalu lintas di Terusan Suez Mesir telah kembali normal setelah kapal kontainer terdampar yang memblokir perairan selama hampir seminggu akhirnya dibebaskan oleh kru penyelamat. (SUEZ CANAL AUTHORITY / Maxar Technologies/ AFP)Wakil Manajer dari departemen manajemen armada owner Shoei Kisen, Yumi Shinohara mengonfirmasi kanal tersebut telah membuat klaim kompensasi tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

UK Club, perusahaan asuransi perlindungan dan ganti rugi untuk Ever Given mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Mesir telah mengajukan klaim kompensasi sebesar 916 juta dolar Amerika terhadap Shoei Kisen.

Perusahaan asuransi menambahkan bahwa mereka kecewa karena kapal kontainer dan awaknya ditahan di kanal sampai kompensasi dibayarkan.

Seorang sumber dari SCA, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan kepada kantor berita Reuters pada Selasa (13/4/2021) bahwa perintah pengadilan telah dikeluarkan untuk kapal itu ditahan.

Ia menambahkan bahwa negosiasi masih berlangsung.

Gambar satelit selebaran ini milik Cnes 2021 yang dirilis pada 25 Maret 2021 oleh Airbus DS menunjukkan kapal kontainer MV 'Ever Given' (Evergreen) milik Taiwan, dengan panjang 400 meter (1.300 kaki) dan lebar 59 meter. kapal, bersandar ke samping dan menghalangi semua lalu lintas di seberang jalur air Terusan Suez Mesir. Pemilik kapal kontainer raksasa yang memblokir Terusan Suez mengatakan mereka menghadapi "kesulitan ekstrim" untuk mengapungkannya kembali karena Mesir untuk sementara menutup salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia. (Cnes2021, Distribusi Airbus DS / AFP)Ever Given Macet di Kanal

Kapal kargo yang dioperasikan Taiwan dan berbendera Panama itu terjebak secara diagonal di arteri perdagangan global yang sempit tapi penting dalam badai pasir pada 23 Maret 2021.

Upaya besar-besaran selama enam hari digalakkan oleh personel Mesir dan spesialis penyelamatan internasional untuk mengeluarkannya dari Terusan Suez.

Kemacetan enam hari yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang menimbulkan kekhawatiran penundaan yang berkepanjangan, kekurangan barang dan kenaikan biaya bagi konsumen, menambah ketegangan pada industri perkapalan yang sudah di bawah tekanan dari pandemi virus korona.

Sebuah gambar yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez Mesir pada 29 Maret 2021, menunjukkan kapal tunda menarik kapal kontainer MV Ever Given berbendera Panama setelah sepenuhnya terlepas dari tepi Suez. (SUEZ CANAL AUTHORITY / AFP)Mengacu pada UU Perdagangan Maritim Mesir

Dalam pengajuan pengadilannya, surat kabar milik pemerintah Al-Ahram menerangkan bahwa Otoritas Terusan Suez mengacu pada Pasal 59 dan 60 undang-undang perdagangan maritim Mesir yang menetapkan bahwa kapal akan tetap disita sampai jumlah tersebut dibayar penuh.

Menurut angka resmi, Terusan Suez menghasilkan Mesir lebih dari 5,7 miliar dolar Amerika pada 2019/20.

jarah Insiden Terusan Suez, Sudah Beberapa Kali Terblokir dan Ditutup sejak Pertama Kali Dibuka

Sebuah gambar yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez Mesir pada 29 Maret 2021, menunjukkan seorang pria mengibarkan bendera Mesir setelah kapal kontainer MV 'Ever Given' berbendera Panama sepenuhnya terlepas dari tepi Suez. Kapal itu diapungkan kembali dan Terusan Suez dibuka kembali, memicu bantuan hampir seminggu setelah kapal kontainer besar itu macet dan memblokir arteri utama untuk perdagangan global. Kru penyelamat telah bekerja sepanjang waktu sejak kecelakaan yang disebabkan angin kencang dan jarak pandang yang buruk selama badai pasir. (SUEZ CANAL AUTHORITY / AFP)Rabie, Kepala kanal, mengatakan kepada televisi yang dikelola pemerintah bahwa tidak ada kesalahan yang dilakukan oleh otoritas kanal.

Ia menolak untuk membahas kemungkinan penyebabnya, termasuk kecepatan kapal dan angin kencang yang menerjangnya saat badai pasir.

Ketika ditanya apakah owner kapal bersalah, dia menjawab: "Ya, tentu saja."

Rabie menegaskan kesimpulan dari penyelidikan otoritas diharapkan pada Kamis (15/4/2021).

Berita lain terkait Terusan Suez

Berita lain terkait Mesir

Berita lain terkait Ever Given

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)



Total dibaca: 26x | Berikan Komentar!


Riko Satria
Penulis : Riko Satria
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *
Hosting Unlimited Indonesia