hayao miyazaki

Mengenal Hayao Miyazaki, Sang Pencipta Dunia Ghibli  

Posted on

UMICACHE –Di tengah kemunculan trailer terbaru film besutan studio animasi Ghibli, nama Hayao Miyazaki turut menjadi bahan perbincangan. Siapakah sosok yang sedang banyak diperbincangkan ini? Berikut ini informasinya.

Profil Singkat Hayao Miyazaki

Dikenal sebagai animator, penulis, mangaka dan pembuat film, Hayao adalah salah satu sosok pendiri studio Ghibli.

Lahir pada Januari tahun 1941 di Bunkyo, Tokyo, Hayao telah memperoleh pengakuan dunia sebagai pendongeng yang ulung. Bahkan secara luas, ia dianggap sebagai salah satu pembuat film yang paling sukses di dunia bisnis animasi.

Dirinya lahir dari seorang ayah yang merupakan direktur Miyazaki Airplane, perusahaan yang memproduksi pesawat tempur selama perang dunia 2.

Tumbuh di masa perang dunia membuat hidup Hayao harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain mengikuti arahan evakuasi. Khususnya setelah terjadi pemboman tahun 1944 yang meninggalkan kesan tersendiri bagi Hayao.

Minatnya pada animasi telah ia pupuk sejak dini, namun siapa sangka walau bercita-cita menjadi mangaka, dulu ia tidak bisa menggambar.

Dirinya tidak mampu menggambar manusia dengan baik bahkan lebih sering menggambar pesawat hingga tank. Keahliannya terus terasah seiring dengan banyaknya referensi gaya gambar yang ia dapatkan.

Saat bersekolah di Universitas Gakushui, dia memutuskan untuk masuk ke Klub Peneliti Sastra Anak. Dimana ia banyak belajar menggambar dari guru seninya.

Menurut kabar, saat waktu luang, Hayao akan mengunjungi guru seninya dan banyak membuat sketsa di studionya. Mereka akan duduk, minum dan berbincang tentang berbagai macam hal. Walau ingin menjadi seniman, namun Hayao lulus tahun 1963 dengan gelar di bidang ilmu politik dan ekonomi.

 

Perjalanan Karir Sosok Pendiri Studio Ghibli

1963 adalah masa dimana Miyazaki bekerja di Toei Animation sebagai seniman anime fitur teater Doggie March.

Bersamaan dengan itu, ia juga bekerja untuk animasi televisi berjudul Wolf Boy Ken yang juga tayang tahun 1963. Karirnya berkembang pesat dan membawanya menjadi sekretaris kepala serikat buruh Toei di tahun 1964.

Beranjak ke tahun 1968, Miyazaki bekerja sebagai kepala animator, konseptor hingga perancang adegan untuk beberapa film.

Seperti The Great Adventure of Horus dan Prince of the Sun di tahun yang sama yakni 1968. Proyek tersebut menghasilkan hubungan kerja yang erat antara Miyazaki dan Yasuo Otsuka sebagai mentornya.

1971, setelah Hayao meninggalkan Toei Animation ia bekerja di A-Pro sebagai Co-Sutradara di 23 episode Lupin the Third.

Animasi keduanya yakni Panda! Go, Panda! Yang disutradarai oleh Takahata pada tahun 1972 dan 1973. Bukan hanya terlibat sebagai penulis, ia juga terjun sebagai perancang animasi tersebut. Tetapi, karirnya di A-Pro tidak terlalu panjang.

Setelah itu, dia kembali pindah dari A-Pro ke Zuiyo Eizo pada tahun 1973. Dimana ia dan Takahata bekerja sama membuat World Masterpiece Theater yang menampilkan Heidi, Girl of the Alps di tahun 1975.

Sejak tahun 80an, Hayao mulai menggarap produk-produk Ghibli bahkan hingga sekarang. Style animasi yang khas, membuat kemunculannya mudah diterima oleh masyarakat.

Sebut saja beberapa film sukses seperti My Neighbor Totoro, Spirited Away hingga Ponyo on the Cliff by the Sea. Judul film tersebut menjadi beberapa yang paling meninggalkan kesan tersendiri untuk penonton.

Nama film garapan Ghibli lainnya yang sukses adalah Kiki’s Delivery Service dan Princess Mononoke. Hingga yang terbaru adalah Kimitachi wa Do Ikiru Ka, sebuah film animasi yang tayang pada tahun 2023.

 

Karya Teranyar Hayao Miyazaki

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Hayao masih belum terpikirkan untuk pensiun dalam dunia film animasi.

Sang legenda kembali mengejutkan publik dengan kabar bahwa dirinya sedang mempersiapkan cerita baru. Kemunculan trailer film The Boy and The Heron sempat menjadi perbincangan karena dianggap sebagai film terakhir Hayao.

Mengutip penjelasan dari Junichi Nishioka di Toronto Internasional Film Festival, katanya ini bukan akhir dari Hayao.

Walaupun banyak yang mengira bahwa Miyazaki akan segera pensiun, namun penjelasan dari Nishioka menepis semuanya. Faktanya, justru hingga kini Hayao sedang menggali ide baru untuk digarap dan tidak ada rencana pensiun.

The Boy and The Heron yang merupakan film terbaru Hayao Miyazaki sendiri adalah adaptasi dari buku How Do You Live?

Sudah tayang di Jepang pada Juli 2023 lalu, namun studio Ghibli tidak melakukan promosi apapun saat dan setelah tayang. Namun pada akhirnya studio tersebut merilis trailer sepanjang 71 detik beberapa bulan sebelum film itu tayang di Amerika.

 

Sinopsis The Boy and The Heron

Masih mengambil seting waktu saat perang dunia 2, dimana hal tersebut memang punya kesan tersendiri untuk Hayao.

Anime tersebut menceritakan tokoh bernama Mahito Maki yang mencari ibunya. Pada akhirnya ia harus pindah ke desa untuk kembali ke ayahnya, yang ternyata seorang pembuat pesawat untuk militer Jepang.

Pada tempat barunya itulah ia bertemu dengan burung Heron yang nantinya akan membawa Maki pada sebuah perjalanan ajaib.

 

Demikian penjabaran singkat tentang Hayao Miyazaki dan sederet fakta menarik tentang kehidupan dan karirnya di dunia animasi. (redaksi: slot gacor )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *