shena malsiana

Tutup Usia Di 32 Tahun, Ini Perjalanan Karir Shena Malsiana Jebolan X-Factor Indonesia

Posted on

UMICACHE – Pekan ini kabar duka datang dari panggung hiburan. Penyanyi jebolan X-Factor season pertama Shena Malsiana meninggal dunia di usia 32 tahun. Berita ini disampaikan langsung dalam sebuah unggahan instragram.

Shena Malsiana Meninggal Dunia

Penyiar radio sekaligus penyanyi jebolan ajang pencarian bakat X-Factor musim pertama Shena Malsiana meninggal pada Rabu, 25 Oktober 2023. Tepatnya pada pukul 15.37 WIB.

Kabar wafatnya Shena pertama kali diungkap melalui akun Instagram @bobbychaniago. Dan dikonfirmasi lewat pernyataan yang juga diunggah dalam akun pribadi Shena sendiri.

Sebelum meninggal, sang penyanyi sempat mengabarkan kondisi kesehatannya memburuk dua tahun terakhir. Dirinya memang didiagnosis mengidap gagal ginjal serta Lupus Nefritis dan membuatnya harus membatasi kegiatan bernyanyinya.

Dalam sebuah unggahan Shena pernah membagikan ceritanya saat masa pemulihan setelah didiagnosis penyakit autoimun tersebut pada tahun 2021.

Serta beberapa potret dirinya sedang melakukan pengobatan cuci darah sebab menderita gagal ginjal kronik atau CKD. Dimana penyakit tersebut muncul akibat Lupus Nefritis yang sebelumnya diderita.

Sebab autoimun Lupus Nefritis dapat mempengaruhi bagian ginjal yang menyaring limbah dalam tubuh. Hal ini menyebabkan pembengkakan dan iritasi dan peradangan pada ginjal.

Akibatnya dapat menyebabkan munculnya darah dalam urin, hingga ginjal tidak berfungsi dengan baik. Sehingga terjadi kegagalan fungsi dalam ginjal.

Namun perjuangannya melawan penyakit tersebut kini selesai usai dinyatakan meninggal dunia oleh dokter. Padahal rencananya Shena akan melaksanakan transplantasi ginjal dari sang ibu dan tinggal menunggu jadwal operasi.

Seminggu sebelumnya Shena mengunggah foto dirinya tengah bernyanyi tepat di hari ulang tahunnya. Dalam keterangan fotonya Ia mengungkapkan harapannya untuk selalu sehat dan bahagia di ulang tahun selanjutnya.

Jenazah mendiang Shena Malsiana akan disemayamkan di TPU Grubug Bojong Nangka, Tanggerang Selatan pada Kamis, 26 Oktober 2023.

 

Tetap Berjuang Rilis Single Baru Meski Sedang Sakit

Walaupun sedang dalam kondisi sakit kronis, Shena Malsiana masih sangat produktif di dunia tarik suara. Bahkan di tengah kesibukannya menjalani pengobatan.

Melalui suatu unggahan di akun Tiktok pribadinya, pelantun lagu ‘Yang Berlalu’ itu membagikan perjuangannya dalam melawan sakit kronis. Yaitu gagal ginjal dan autoimun atau lupus nefritik.

Menariknya, perjuangan finalis X-Factor musim pertama itu sukses bikin netizen takjub. Di tengah perawatan intensifnya Shena masih punya keinginan tinggi untuk menyelesaikan perilisan album perdananya.

Bertajuk ‘Fragmen’ album perdananya ini menjadi bukti kegigihan dan totalitas sang penyanyi dalam bermusik. Yang berhasil rilis pada tahun 2022 kemarin.

 

Perjalanan Shena Malsiana Di Ajang X-Factor

Nama Shena Malsiana pertama kali dikenal publik saat mengikuti audisi X-Factor Indonesia musim pertama. Pada tahun 2012 dimana itu disiarkan pada saluran tv nasional.

Dirinya membawakan aransemen ulangnya sendiri lagu ‘Tak Gendong’ dari Mbah Surip dengan gaya jazzy. Penampilannya berhasil membuat para juri kagum.

Yakni Ahmad Dhani, Bebi Romeo, Rossa dan Mulan Jameela. Sehingga membuat dia lolos ke babak selanjutnya.

Keberuntungan belum berpihak pada Shena hingga dirinya belum bisa keluar sebagai pemenang X-Factor Indonesia 2012. Shena Malsiana hanya berhasil melaju hingga babak 5 besar bersama Fatin Shidqia, Novita Dewi, Nu Dimension dan Mikha Angelo.

 

Karir Shena Malsiana Di Dunia Hiburan Tanah Air

Lahir serta besar di Tangerang Selatan, Banten pada 14 Oktober 1991 Shena menemukan passion dalam dunia musik sejak muda. Sebelum dikenal sebagai penyanyi jebolan ajang pencarian bakat X-Factor Indonesia.

Saat kecil Shena ternyata pernah menjajal dunia modeling. Hingga dia mulai menyadari potensinya sebagai penyanyi dan mulai mengikuti les vokal serta sering memenangkan berbagai perlombaan.

Rupanya, Shena pernah mengalami jatuh bangun dalam karir bernyanyinya. Ketika menjalani masa perkuliahannya, dara kelahiran tahun 1991 sempat merasa ingin vakum dari dunia tarik suara.

Terlebih, ia juga pernah mengikuti audisi Indonesian Idol sebanyak 6 kali namun sayangnya gagal. Sampai akhirnya Shena melihat kesempatan lain dengan dibukanya audisi X-Factor di tahun 2012 silam.

Benar saja dia berhasil lolos dengan memukau para juri dan penonton. Selepas ajang pencarian bakat X-Factor Indonesia, Shena memulai karir musiknya sebagai solois.

Di tahun 2013 dirinya sukses merilis dua lagu berjudul ‘Maafkan Aku’ dan ‘Imaji’. Setelah empat tahun tidak merilis karya, Shena kembali pada 2017 dengan lagu ciptaannya sendiri berjudul ‘What Do You Need’.

Dikenal juga sebagai pencipta lagu, Shena sukses mengeksplorasi berbagai sisi musik pop dengan lirik menyentuh hati. Sebagian besar dia mengambil inspirasi menciptakan lagu dari pengalaman pribadinya.

Lagu-lagunya berbicara mengenai mencintai diri sendiri. Sebab ia juga memiliki misi ingin menghadirkan body positivity movement di platformnya

Selain fokus di dunia musik, wanita yang memiliki senyum cerah itu juga berprofesi sebagai penyiar radio. Di UPH Radio milik Universita Pelita Harapan.

Lalu, sejak 2019 hingga 2022 terhitung tujuh lagu sukses dirilisnya. Dan puncaknya Shena Malsiana membuat langkah progresif dengan merilis album perdananya bertajuk ‘Fragmen’.

Kepergian Shena Malsiana meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan kerabat. Ucapan belasungkawa juga mengalir dari para sahabat musisi dan artis yang mengenal mendiang. (redaksibola 88)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *